CARA MENGAKTIFKAN SINYAL 4G DI VIVO Y51 - Nitip Tulisan
Bookmark

CARA MENGAKTIFKAN SINYAL 4G DI VIVO Y51

Bagi smartphone 4G LTE yang beredar di pasar tanah air diwajibkan memenuhi persyaratan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dari pemerintah. Dan di tahun 2016 ini, prosentase minimalnya adalah 20%.

Itu artinya perangkat berteknologi 4G LTE yang belum memenuhi persyaratan TKDN tersebut, tidak diijinkan untuk dijual. Kalaupun ditawarkan ke pasar, hanya dalam varian 3G-nya saja, tanpa 4G.

Namun, tampaknya ada beberapa vendor yang menyiasati kendala TKDN itu dengan menyebutkan bahwa perangkatnya 4G Ready, saat dijual di pasar. 

Pihak penjual akan menginfokan kepada pembeli bahwa perangkat smartphone-nya itu nantinya bisa diaktifkan 4G LTE-nya.

Dan memang, ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mengaktifkan teknologi 4G LTE itu, yang sejatinya sudah “siap-sedia” untuk ON. 
Mulai dari melakukan sedikit trik dengan kode-kode tertentu atau pun melalui modifikasi piranti lunak (software).

Nah, salah satu perangkat baru di pasaran yang diketahui masih berstatus 4G ready adalah vivo Y51. Saat awal pembelian di sebuah gerai di ITC Roxy Mas - Jakarta, dimana dibanderol Rp.2.399.000, terbukti benar jika ponsel vivo ini belum mendukung 4G LTE. 
Masih sebatas 3G, yang terlihat dari pengaturan mobile network-nya belum ada jaringan 4G LTE.
Itu artinya vivo Y51 belum lolos TKDN.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan 4G LTE di vivo Y51 ini? Inilah langkahnya:

1. Cek ketersediaan software update, di menu Settings – System update. Terlihat ada dukungan pembaharuan ke versi 1.15.17, dimana sebelumnya masih memakai versi 1.15.16
2. Unduh dan pasang (instal) software update tersebut. Besar file sekitar 7 MB
3. Cek kembali ketersediaan software update. Terlihat kembali ada versi software baru dengan versi 1.16.1 beta, kurang lebih 71MB. Unduh dan instal kembali pembaharuan tersebut.
4. Selepas itu, kembali cek software pembaharu paling anyar. Sampai ke versi paling gres di versi 1.16.2
5. Nah, selepas semua software pembaharu terunduh dan terinstal semua di ponsel vivo Y51, silakan cek menu jaringan ponsel. Settings – Mobile Network. Nyata telah muncul pengaturan ke jaringan 4G LTE. Ini artinya smartphone vivo Y51 telah aktif (unlock) untuk teknologi 4G LTE-nya.
6. Pasang kartu SIM dengan layanan 4G aktif. Kini Anda bisa mencicipi layanan 4G LTE dari operator yang dipakai.

Kini smartphone vivo Y51 Anda telah aktif jaringan 4G LTE-nya. Selamat!