6 Alasan Orang Jawa Mudah Diterima Dimana Saja - Nitip Tulisan
Bookmark

6 Alasan Orang Jawa Mudah Diterima Dimana Saja

Bukan hanya orang Madura, Medan.dll orang jawa juga termasuk golongan sebagai sang perantau yang ulung, dari sabang sampai merauke pasti disitu banyak perantau orang Jawa. Dengan berbagai alasan, entah itu karena domisili ikut istri atau ingin mengadu nasib yang lebih baik. Nah, yang unik dimanapun orang jawa merantau pasti mendapat sambutan hangat alias diterima.


paringan.blogspot.com
pict ; kompasiana


Berikut adalah alasan kenapa Orang Jawa selalu mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan ;

1. Orang Jawa Kalem dan Cenderung Untuk Mengalah.

Seperti halnya orang Maduran dan Medan yang mempunyai ciri khas nada bicara yang tinggi, orang Jawa juga mempunyai ciri khas yaitu nada bicara yang kalem. Apalagi jika yang kita bicarakan adalah orang solo yang notabene terkenal dengan kalemnya yang luar biasa.

2. Orang Jawa Ahli Dalam Membaur.

Semangat kebersamaan orang jawa memang luar biasa, mereka sangat ahli bersosialisasi dan menempatkan dirinya. Begitup saat tengah ditanah rantaun, orang Jawa selalu mudah untuk membaur dan menempatkan diri. Mudah kenal dan mudah akrab dengan golongan manapun.

3.  Orang Jawa Punya Sopan Santun yang Tinggi.

Orang Jawa dan Sopan Santun memang sangat susah untuk dipisahkan, karena memang begitulah sifat bawaan lahirnya. Perhatikan saat orang jawa lewat didepan banyak orang mereka akan cenderung untuk merunduk sedikit untuk menghormati, sambil bilang permisi. Dalam hal bahasa pun juga demikian, meskipun dalam rantauan mereka tidak menggunakan bahasa Jawa tapi mereka tetap melontarkan kata-kata dengan santun dan kalem. Orang Jawa juga tahu aturan, jika di tanah rantau ada aruran Ini-Itu pasti akan di taati oleh orang jawa, karena mereka selalu sadar diri jika mereka adalah pendatang.

4. Orang Jawa Suka Menyapa.

Orang Jawa juga terkenal dengan kebiasaan suka menyapa, tak hanya menyapa dijalan tapi juga saat kebetulan kita lewat depan rumahya. Tak hanya itu setiap kita bertamu dirumah orang Jawa pasti akan mendapatkan suguhan makanan kecil dan Kopi tentunya, saking baiknya orang Jawa.

5. Pemalu dan Raja Sungkan

Memang tidak semua orang jawa pintar dalam membaur dan lebih banyak diam, ini adalah implikasi dari sifat bawaan mereka yang sopan dan kalem sehingga menghasilkan sifat pemalu dan sungkan. Meski demikian, biasanya sifat pemalu dan sungkan ditunjukan kepada orang yang baru kenal dan ketika sudah akrab mereka akan bersifat natural. Tapi dalam beberapa hal mereka akan tetap konsisten dengan sifat itu.

6. Orang Jawa Selalu Ringan Tangan.

Kalau yang ini mengkin umum, namun gemar menolong adalah kebiasaan orang jawa. Sifat suka menolong sudah ditanamkan sejak kecil oleh orang tua. Bahkan kadang tak perlu kita ngomong mereka sudah menawarkan bantuan dan baiknya lagi orang jawa tidak akan sensi saat kita minta tolong berkali-kali. 

Demikian sifat-sifat yang umunya dimiliki oleh orang jawa. Terimakasih.


Dikutip dari ; boombastis.com