Boikot Produk Israel - Puma, HP, dan Alternatif Etis untuk Konsumen Indonesia - Nitip Tulisan
Bookmark

Boikot Produk Israel - Puma, HP, dan Alternatif Etis untuk Konsumen Indonesia

 


Mengapa Sebaiknya Anda Memikirkan Kembali Pembelian Produk Israel

Serangan yang dilancarkan Israel ke jalur Gaza Palestina menewaskan banyak jiwa yang tak bersalah. Kecaman dari dunia pun menggema mengutuk aksi para orang Israel yang menyerang Palestina. Salah satu cara warga dunia untuk memboikot Israel adalah dengan tidak membeli produk-produknya.

Namun nyatanya di Indonesia ada lima produk Israel yang paling laris dibeli. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Boikot Puma dan Dukung Keadilan

Puma adalah salah satu produsen pakaian olahraga terkemuka di dunia. Namun, Puma diboikot oleh sejumlah masyarakat di dunia karena menjadi sponsor internasional tunggal Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA).

"Puma memberikan legitimasi internasional terhadap aktivitas IFA, salah satunya klub sepak bola yang berbasis di pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina," tulis BDS Movement.

"Dukungan Puma terhadap IFA secara langsung mendukung pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional di luar lapangan, serta memungkinkan rezim pemukiman Israel untuk terus berkembang," lanjut BDS Movement.

2. Hindari Produk HP yang Terlibat dalam Pendudukan Palestina

Menurut BDS Movement, perusahaan-perusahaan merek HP menyediakan dan mengoperasikan teknologi yang digunakan oleh Israel untuk menjaga sistem apartheid, pendudukan, dan kolonialisme pemukiman di atas rakyat Palestina.

"Selain menyediakan layanan dan teknologi kepada tentara dan polisi Israel yang menjaga pendudukan ilegal Israel dan pengepungan Gaza, HP juga menyediakan Itanium servers eksklusif kepada Otoritas Penduduk dan Imigrasi Israel untuk sistem Aviv.

3. Pilihan yang Etis: Hindari Ahava Cosmetics

Ahava adalah salah satu merek produk kecantikan yang dijual di sejumlah negara. Menurut catatan BDS Movement, Ahava Cosmetics memiliki situs produksi, pusat kunjungan, dan toko utama di pemukiman Israel ilegal.

4. Taf Toys - Alternatif Lain untuk Perlengkapan Bayi

Taf Toys adalah salah satu produk perlengkapan bayi yang telah beredar di Indonesia. Merek tersebut memproduksi gendongan bayi, sabuk pengaman bayi, kereta bayi, mainan berbentuk mobil-mobilan untuk bayi, dan masih banyak yang lainnya. Produk ini memberikan alternatif yang baik untuk para orangtua yang ingin mendukung opsi etis dalam perbelanjaan perlengkapan bayi mereka.

5. Jeruk Shantang, Alternatif Lain untuk Produk Impor

Jeruk shantang adalah salah satu jenis yang diimpor langsung dari Israel sejak tahun 2012 silam. Tercatat sudah ada puluhan ton jeruk yang masuk ke Indonesia. Nilai perdagangan tersebut juga sudah mencapai US$709. Namun, dengan memilih jeruk lokal atau dari sumber yang tidak terkait dengan konflik, kita bisa memberikan dukungan yang lebih etis dalam keputusan pembelian kita.