Cara Mematikan Pembelian Aplikasi Berbayar pada iPad - Nitip Tulisan
Bookmark

Cara Mematikan Pembelian Aplikasi Berbayar pada iPad


Salah satu perangkat yang sulit luput dari pandangan anak-anak adalah tablet atau iPad. Handset dengan layar lebar tersebut sering membantu para orangtua untuk menghibur anak-anak, tetapi tak jarang pula membuat orangtua pusing.


Seperti iPhone dan perangkat Android lainnya, iPad memiliki in-app purchases. Tanpa kontrol dari orangtua, anak bisa sembarangan menekan tombol membeli di iTunes atau Apple App Store demi kesenangan bermain game.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi di iPad Anda, ada cara untuk mematikan pembayaran di aplikasi berbayar tersebut. Bagaimana caranya?

Sebelum Anda menonaktifkan pembelian dalam aplikasi, Anda harus mengaktifkan pembatasan iPad. Kontrol orangtua ini memungkinkan Anda untuk membatasi akses ke fitur tertentu pada iPad. Selain menonaktifkan pembelian dalam aplikasi,

 Anda dapat menonaktifkan App Store sepenuhnya, mengatur pembatasan unduhan menggunakan pembatasan berdasarkan usia untuk memungkinkan anak Anda hanya mengunduh aplikasi yang sesuai dan juga membatasi akses ke musik dan film.

Pertama, Anda perlu membuka pengaturan iPad caranya dengan menyentuh ikon yang terlihat seperti gigi atau Setting. Setelah Setting, pilih General dari menu di sebelah kiri dan gulir ke bawah sampai Anda melihat Pembatasan (Restriction) di sebelah kanan.

Ketika Anda menghidupkan pembatasan dengan menekan tombol di bagian atas, layar iPad akan meminta kode akses. Kode tersebut adalah kode empat digit yang mirip dengan kode ATM yang akan memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada pembatasan di masa depan. Jangan khawatir, Anda akan diminta memasukkan kode akses dua kali, sehingga Anda tidak akan terkunci karena salah ketik.

Passcode hanya memungkinkan Anda untuk mengubah pembatasan di kemudian hari. Misalnya, jika Anda mematikan download aplikasi, Anda tidak akan melihat toko aplikasi di iPad. Jika Anda mematikan pembelian dalam aplikasi dan kemudian berusaha untuk membeli sesuatu dalam sebuah aplikasi, Anda akan diberitahu bahwa pembelian dalam aplikasi telah dimatikan.

Passcode ini juga berbeda dari kode sandi yang digunakan untuk membuka kunci perangkat. Jika Anda memiliki anak yang lebih tua, Anda dapat memungkinkan mereka untuk mengetahui kode akses untuk menggunakan iPad dan menjaga kode akses untuk pembatasan terpisah sehingga hanya Anda yang memiliki akses ke pembatasan orangtua.